Frequently Asked Questions (FAQ)
Pertanyaan yang Sering Ditanyakan
1. Apa itu Sohib KirimAja?
Sohib KirimAja adalah members KirimAja yang melakukan transaksi pengiriman barang menggunakan aplikasi KirimAja. Sohib dapat mengantarkan paket ke Drop Point atau Sub-Console sesuai dengan preferensinya atau dapat memilih layanan pick-up paket. Pada aplikasi atau website KirimAja, Sohib KirimAja dapat melakukan reservasi paket dengan mengisi informasi alamat pengirim dan penerima, deskripsi paket, dan dapat menentukan sendiri lokasi pengantaran paketnya. Sohib KirimAja berhak mendapatkan komisi hingga 30% dari setiap transaksi pengiriman paket, apabila menggunakan layanan antar paket. Sohib KirimAja tidak mendapatkan komisi untuk penggunaan layanan pick-up paket.
2. Apa itu Sub-Console KirimAja?
Sub-Console KirimAja adalah members KirimAja yang dapat dipilih oleh Sohib KirimAja sebagai lokasi pengantaran paket, dan kemudian bertugas untuk mengantarkan paket tersebut ke Drop Point KirimAja. Sub-Console dapat menerima atau menolak paket yang ditujukan oleh Sohib kepadanya. Kemudian, Sub-Console dapat melakukan verifikasi terhadap jenis dan berat paket sebelum Sohib melakukan pembayaran melalui aplikasi. Sub-Console mendapatkan komisi 10% dari biaya pengiriman paket yang dilakukan oleh Sohib.
Sub-Console juga dapat bertransaksi melalui aplikasi KirimAja seperti Sohib, karena sebetulnya Sub-Console juga merupakan Sohib KirimAja.
Sub-Console juga dapat bertransaksi melalui aplikasi KirimAja seperti Sohib, karena sebetulnya Sub-Console juga merupakan Sohib KirimAja.
3. Beda layanan Antar Paket dan Pick-Up Paket?
Sohib yang memilih layanan Antar Paket diminta untuk mengisi informasi pengirim dan penerima, rinci dan deskripsi paket, dan menentukan lokasi pengantaran barang ke Drop Point atau Sub-Console yang sesuai dengan preferensi mereka. Sohib yang menggunakan layanan Antar Paket akan mendapatkan komisi hingga 30% dari biaya pengiriman paket tersebut.
Sedangkan, Sohib yang memilih layanan Pick-Up Paket diminta untuk mengisi informasi pengirim dan lokasi pick-up paket, informasi penerima, detail dan deskripsi paket, serta memilih jadwal pick-up yang tersedia di aplikasi. Nantinya setelah transaksi selesai dilakukan, kurir KirimAja akan melakukan pick-up ke lokasi dan jadwal pick-up yang telah ditentukan sebelumnya. Sohib yang menggunakan layanan Pick-Up paket tidak mendapatkan komisi atas biaya pengiriman yang telah dibayarkan.
Sedangkan, Sohib yang memilih layanan Pick-Up Paket diminta untuk mengisi informasi pengirim dan lokasi pick-up paket, informasi penerima, detail dan deskripsi paket, serta memilih jadwal pick-up yang tersedia di aplikasi. Nantinya setelah transaksi selesai dilakukan, kurir KirimAja akan melakukan pick-up ke lokasi dan jadwal pick-up yang telah ditentukan sebelumnya. Sohib yang menggunakan layanan Pick-Up paket tidak mendapatkan komisi atas biaya pengiriman yang telah dibayarkan.
4. Apakah jadwal Pick-Up paket akan selalu sama?
Jadwal pick-up yang dapat dipilih oleh Sohib sebagaimana tertera dalam aplikasi dan jadwal pick-up berbeda sewaktu-waktu tergantung pada lokasi daerah yang akan di-pick-up, serta hari libur nasional. Sohib wajib melakukan pembayaran 2 jam sebelum jam pick-up yang diinginkan. Apabila, Sohib melewati waktu pembayaran diatas, Sohib akan direkomendasikan untuk memilih jadwal pick-up lainnya.
5. Apa saja barang yang dapat dikirim?
-
Jenis Barang yang Dilayani
Barang yang dapat dikirimkan menggunakan KirimAja adalah barang dengan jenis General Commodity (GENCO). GENCO adalah kargo atau barang yang memiliki sifat yang tidak membahayakan, tidak mudah rusak, busuk, ataupun mati. Contohnya:
- Aksesoris HP
- Aksesoris wanita
- Barang Gaming
- Buku
- Mainan
- Makanan yang tidak mudah rusak
- Pakaian, Tas, Sepatu
- Perlengkapan Bayi
- Perlengkapan Rumah Tangga
- Produk Fashion
- Produk kecantikan
- dan Sebagainya
-
KirimAja tidak dapat menjamin barang kiriman dan risiko berupa:
- Uang tunai atau ekuivalennya (misalnya kartu kredit yang belum ditandatangani, kartu ATM beserta nomor PIN, cheque cash, dll)
- Logam mulia, intan, berlian dan batu mulia lainnya, perhiasan, arloji yang bernilai mahal walaupun barang-barang tersebut diasuransikan
- Surat yang sifatnya pribadi dengan berat di bawah 500 gr, warkat pos, dan kartu pos,
- Benda-benda yang bernilai seni dengan nilai penuh
- Narkoba, material pornografi dan barang-barang lain yang dilarang oleh pemerintah
- Barang/komoditi yang dilindungi oleh negara
- Berasal dari sumber yang tidak halal
- Kerugian yang dilakukan dengan sengaja oleh Pengirim dan Penerima Paket
- Kerugian karena kerusakan sifat alamiah barang itu sendiri
- Kerugian akibat resiko nuklir dan sejenisnya
- Kerugian akibat penipuan
- Kehilangan fungsi terhadap peralatan elektronik, kecuali disebabkan karena kecelakaan
6. Berapa lama waktu pengiriman paket?
Waktu pengiriman bervariasi tergantung dari kota awal pengiriman dan tujuan pengiriman. Untuk lebih rinci, silakan cek pada fitur Cek Tarif aplikasi KirimAja. Demikian halnya pada saat melakukan reservasi, informasi terkait waktu pengiriman akan tertera pada aplikasi KirimAja.
7. Apa benefit sebagai Sohib dan Sub-Console KirimAja?
-
Sohib KirimAja
Besar komisi yang diperoleh Sohib bervariasi tergantung dari berat paket dan lokasi pengantaran paket. Berikut skema komisinya :
Besar Komisi Lokasi Pengantaran Paket Berat Paket per Transaksi 30% Drop Point KirimAja Maksimal 10 Kg 20% Sub-Console KirimAja Maksimal 10 Kg 25% Drop Point KirimAja Lebih dari 10 Kg 15% Sub Console KirimAja Lebih dari 10 Kg -
Sub-Console KirimAja
Sub-Console KirimAja mendapatkan komisi 10% dari setiap biaya pengiriman.
8. Bagaimana pembayaran komisi Sohib & Sub-Console?
Sohib KirimAja akan langsung mendapatkan komisi di depan pada saat melakukan pembayaran atas transaksi pengiriman paket, karena total biaya yang harus dibayarkan sudah langsung dipotong komisi.
Sedangkan untuk pembayaran komisi Sub-Console KirimAja akan dilakukan melalui mekanisme transfer ke rekening Sub-Console oleh tim KirimAja. Pembayaran komisi Sub-Console akan dilakukan sebanyak 2 kali per bulan dengan ketentuan sebagai berikut :
Komisi Sub-Console akan ditransfer apabila sudah mencapai minumum Rp 10.000,-
KirimAja Care akan menghubungi Sub-Console untuk meminta nomor rekening Sub-Console untuk kebutuhan pembayaran komisi. Data tersebut kami jamin kerahasiaannya. Apabila Sub-Console tidak dihubungi oleh KirimAja Care, Sub-Console juga dapat langsung menghubungi Whatsapp Official KirimAja pada nomor telpon berikut : 0811-9766-554.
Apabila pembayaran komisi Sub-Console sudah dilakukan, KirimAja akan mengirimkan email pemberitahuan kepada Sub-Console.
Sedangkan untuk pembayaran komisi Sub-Console KirimAja akan dilakukan melalui mekanisme transfer ke rekening Sub-Console oleh tim KirimAja. Pembayaran komisi Sub-Console akan dilakukan sebanyak 2 kali per bulan dengan ketentuan sebagai berikut :
Periode Transaksi | Periode Pembayaran Komisi |
---|---|
Tanggal 1-15 | Setiap tanggal 25 di bulan yang sama |
Tanggal 16-30/31 | Setiap tanggal 10 di bulan selanjutnya |
KirimAja Care akan menghubungi Sub-Console untuk meminta nomor rekening Sub-Console untuk kebutuhan pembayaran komisi. Data tersebut kami jamin kerahasiaannya. Apabila Sub-Console tidak dihubungi oleh KirimAja Care, Sub-Console juga dapat langsung menghubungi Whatsapp Official KirimAja pada nomor telpon berikut : 0811-9766-554.
Apabila pembayaran komisi Sub-Console sudah dilakukan, KirimAja akan mengirimkan email pemberitahuan kepada Sub-Console.
9. KirimAja tersedia dari kota mana saja dan ke tujuan mana saja?
KirimAja sudah melayani pengiriman barang dari seluruh ibukota provinsi Indonesia, dan beberapa kota lainnya seperti Nias, Sibolga, Belitung, Garut, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Kediri, Tarakan, Labuan Bajo, Malang, Banyuwangi, Solo, Sorong, Timika, Biak, Nabire, dan Merauke.
Sedangkan untuk tujuan pengiriman, KirimAja sudah melayani pengiriman barang ke sekitar 4000-an kecamatan di seluruh Indonesia tersebar dari Aceh hingga Papua.
Sedangkan untuk tujuan pengiriman, KirimAja sudah melayani pengiriman barang ke sekitar 4000-an kecamatan di seluruh Indonesia tersebar dari Aceh hingga Papua.
10. Apa saja fitur utama yang tersedia pada aplikasi KirimAja?
- Fitur Kirim : Sohib dapat melakukan reservasi informasi alamat pengirim dan penerima, deskripsi dan detil paket, dan lokasi pengantaran barang
- Fitur Kiriman Saya : Digunakan untuk melihat dan mengatur kode booking dari setiap reservasi yang telah dilakukan. Proses pembayaran dimulai melalui fitur utama ini
- Fitur Lacak Kiriman : Digunakan untuk melakukan pelacakan pada pengiriman dengan memasukkan nomor resi pada kolom tersedia
- Fitur Cek Tarif : Digunakan untuk melakukan pengecekan harga pengiriman dari suatu kota ke daerah lain
11. Bagaimana alur pengiriman barang?
- Bagi Sohib yang memilih layanan Antar Paket, berikut alurnya :
- Sohib melakukan reservasi paket melalui aplikasi KirimAja dengan membubuhkan informasi yang akurat.
- Sohib dapat memilih lokasi pengantaran barang, yaitu Drop Point atau Sub-Console sebagaimana yang tertera pada aplikasi KirimAja.
- Apabila Sohib memilih Drop Point, maka Sohib dapat langsung mengantarkan paket ke Drop Point yang dipilih dan selanjutnya petugas KirimAja di Drop Point akan bertanggung jawab terhadap barang dari Sohib.
- Apabila Sohib memilih Sub-Console, maka Sohib dapat langsung berkomunikasi melalui telpon atau Whatsapp dengan Sub-Console, dan selanjutnya mengantarkan langsung paket tersebut kepada Sub-Console.
- Sub-Console melakukan verifikasi terhadap paket, dan jika sudah sesuai, Sohib dapat meninggalkan lokasi Sub-Console.
- Sub-Console bertanggung jawab atas barang dari Sohib.
- Sub-Console melakukan pengantaran paket ke Drop Point KirimAja sesuai dengan preferensinya.
- Paket yang sudah diterima di Drop Point akan menjadi tanggung jawab KirimAja untuk melakukan pengantaran paket ke destinasi tujuan.
- Paket akan dilakukan pengecekan kembali oleh tim warehouse KirimAja, dan akan disortir untuk diterbangkan menggunakan pengiriman moda udara, darat atau laut.
- Setelah paket sampai di HUB destinasi, paket tersebut akan disortir oleh KirimAja atau Mitra KirimAja di daerah.
- Paket dikirimkan ke alamat tujuan sesuai pada reservasi yang telah dibuat Sohib.
- Bagi Sohib yang memilih layanan Pick-Up Paket, berikut alurnya :
- Sohib melakukan reservasi paket melalui aplikasi KirimAja dengan membubuhkan informasi yang akurat.
- Sohib dapat menentukan lokasi alamat pick-up paket, dan jadwal pick-up pada aplikasi KirimAja.
- Kurir akan datang menjemput paket pada lokasi dan jadwal pick-up yang sudah ditentukan, dan Sohib harus memastikan bahwa paket sudah sesuai dan siap untuk dibawa kurir.
- Paket yang sudah diterima oleh kurir selanjutnya akan menjadi tanggung jawab KirimAja untuk melakukan pengantaran paket ke destinasi tujuan.
- Paket akan dilakukan pengecekan kembali oleh tim warehouse KirimAja, dan akan disortir untuk diterbangkan menggunakan pengiriman moda udara, darat atau laut.
- Setelah paket sampai di HUB destinasi, paket tersebut akan disortir oleh KirimAja atau Mitra KirimAja di daerah.
- Paket dikirimkan ke alamat tujuan sesuai pada reservasi yang telah dibuat Sohib.
12. Bagaimana dengan proses Refund atau Klaim?
Sohib dapat langsung menghubungi KirimAja Care pada nomor telpon WhatsappOfficial KirimAja, yaitu 0811-9766-554. Selanjutnya, Sohib akan diberikan link form untuk diisi, dan setelah di-submit, KirimAja Care akan memproses setiap permintaan refund atau klaim yang masuk.
13. Bagaimana proses pembayaran paket?
Sohib melakukan pembayaran biaya pengiriman pada aplikasi dengan beberapa mekanisme pembayaran, seperti KirimAja Dompet, Bank Transfer, Kartu Kredit, DOKU Wallet, OVO, LinkAja.
14. Informasi Helpdesk KirimAja
Untuk menjaga pelayanan produk KirimAja tetap baik dan optimal, berikut kami informasikan kontak layanan yang dapat dihubungi oleh Pengguna KirimAja.
WA Hotline : +62-811-9766-554
Email : [email protected]
Instagram : @kirimaja_id
Facebook : @kirimajaindonesia
Twitter : @kirimaja_id
WA Hotline : +62-811-9766-554
Email : [email protected]
Instagram : @kirimaja_id
Facebook : @kirimajaindonesia
Twitter : @kirimaja_id