FAQ • KirimAja

Frequently Asked Questions (FAQ)

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan
Sohib KirimAja adalah members KirimAja yang melakukan transaksi pengiriman barang menggunakan aplikasi KirimAja. Sohib dapat mengantarkan paket ke Drop Point atau SubConsole sesuai dengan preferensinya. Pada aplikasi atau website KirimAja, Sohib KirimAja dapat melakukan reservasi paket dengan mengisi informasi alamat pengirim dan penerima, deskripsi paket, dan dapat menentukan sendiri lokasi pengantaran paketnya. Sohib KirimAja berhak mendapatkan komisi hingga 20% dari setiap transaksi pengiriman paket, apabila menggunakan layanan antar paket.
SubConsole KirimAja adalah members KirimAja yang dapat dipilih oleh Sohib KirimAja sebagai lokasi pengantaran paket, dan kemudian bertugas untuk mengantarkan paket tersebut ke Drop Point KirimAja. SubConsole dapat menerima atau menolak paket yang ditujukan oleh Sohib kepadanya. Kemudian, SubConsole dapat melakukan verifikasi terhadap jenis dan berat paket sebelum Sohib melakukan pembayaran melalui aplikasi. SubConsole mendapatkan komisi 5% dari biaya pengiriman paket yang dilakukan oleh Sohib.

SubConsole juga dapat bertransaksi melalui aplikasi KirimAja seperti Sohib, karena sebetulnya SubConsole juga merupakan Sohib KirimAja.
Sohib yang memilih layanan Antar Paket diminta untuk mengisi informasi pengirim dan penerima, rinci dan deskripsi paket, dan menentukan lokasi pengantaran barang ke Drop Point atau Sub-Console yang sesuai dengan preferensi mereka. Sohib yang menggunakan layanan Antar Paket akan mendapatkan komisi hingga 20% dari biaya pengiriman paket tersebut.
  1. Jenis Barang yang Dilayani
    Barang yang dapat dikirimkan menggunakan KirimAja adalah barang dengan jenis General Commodity (GENCO). GENCO adalah kargo atau barang yang memiliki sifat yang tidak membahayakan, tidak mudah rusak, busuk, ataupun mati. Contohnya:
    • Aksesoris HP
    • Aksesoris wanita
    • Barang Gaming
    • Buku
    • Mainan
    • Makanan yang tidak mudah rusak
    • Pakaian, Tas, Sepatu
    • Perlengkapan Bayi
    • Perlengkapan Rumah Tangga
    • Produk Fashion
    • Produk kecantikan
    • dan Sebagainya
  2. KirimAja tidak dapat menjamin barang kiriman dan risiko berupa:
    • Uang tunai atau ekuivalennya (misalnya kartu kredit yang belum ditandatangani, kartu ATM beserta nomor PIN, cheque cash, dll)
    • Logam mulia, intan, berlian dan batu mulia lainnya, perhiasan, arloji yang bernilai mahal walaupun barang-barang tersebut diasuransikan
    • Surat yang sifatnya pribadi dengan berat di bawah 500 gr, warkat pos, dan kartu pos,
    • Benda-benda yang bernilai seni dengan nilai penuh
    • Narkoba, material pornografi dan barang-barang lain yang dilarang oleh pemerintah
    • Barang/komoditi yang dilindungi oleh negara
    • Berasal dari sumber yang tidak halal
    • Kerugian yang dilakukan dengan sengaja oleh Pengirim dan Penerima Paket
    • Kerugian karena kerusakan sifat alamiah barang itu sendiri
    • Kerugian akibat resiko nuklir dan sejenisnya
    • Kerugian akibat penipuan
    • Kehilangan fungsi terhadap peralatan elektronik, kecuali disebabkan karena kecelakaan
Waktu pengiriman bervariasi tergantung dari kota awal pengiriman dan tujuan pengiriman. Untuk lebih rinci, silakan cek pada fitur Cek Tarif aplikasi KirimAja. Demikian halnya pada saat melakukan reservasi, informasi terkait waktu pengiriman akan tertera pada aplikasi KirimAja.
  1. Sohib KirimAja
    Besar komisi yang diperoleh Sohib bervariasi tergantung dari berat paket dan lokasi pengantaran paket. Berikut skema komisinya :

    Besar Komisi Lokasi Pengantaran Paket Berat Paket per Transaksi
    20% Drop Point KirimAja Maksimal 10 Kg
    5% SubConsole KirimAja Maksimal 10 Kg
    15% Drop Point KirimAja Lebih dari 10 Kg
    10% Sub Console KirimAja Lebih dari 10 Kg
  2. SubConsole KirimAja
    SubConsole KirimAja mendapatkan komisi 5% dari setiap biaya pengiriman.
Sohib KirimAja akan langsung mendapatkan komisi di depan pada saat melakukan pembayaran atas transaksi pengiriman paket, karena total biaya yang harus dibayarkan sudah langsung dipotong komisi.

Sedangkan untuk pembayaran komisi SubConsole KirimAja akan dilakukan melalui mekanisme transfer ke rekening SubConsole oleh tim KirimAja. Pembayaran komisi SubConsole akan dilakukan sebanyak 2 kali per bulan dengan ketentuan sebagai berikut :

Periode Transaksi Periode Pembayaran Komisi
Tanggal 1-16 Setiap tanggal 25 di bulan yang sama
Tanggal 16-30/31 Setiap tanggal 10 di bulan selanjutnya
KirimAja Care akan menghubungi SubConsole untuk meminta nomor rekening SubConsole untuk kebutuhan pembayaran komisi. Data tersebut kami jamin kerahasiaannya. Apabila SubConsole tidak dihubungi oleh KirimAja Care, SubConsole juga dapat langsung menghubungi Whatsapp Official KirimAja pada nomor telpon berikut : 0811-9766-554.

Apabila pembayaran komisi SubConsole sudah dilakukan, KirimAja akan mengirimkan email pemberitahuan kepada SubConsole.
KirimAja sudah melayani pengiriman barang dari seluruh ibukota provinsi Indonesia, dan beberapa kota lainnya seperti Banda Aceh, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Cirebon, Tegal, Malang, Solo, Sorong, dan Biak.

Sedangkan untuk tujuan pengiriman, KirimAja sudah melayani pengiriman barang ke sekitar 687-an kecamatan di seluruh Indonesia tersebar dari Aceh hingga Papua.
  1. Fitur Kirim : Sohib dapat melakukan reservasi informasi alamat pengirim dan penerima, deskripsi dan detil paket, dan lokasi pengantaran barang
  2. Fitur Kiriman Saya : Digunakan untuk melihat dan mengatur kode booking dari setiap reservasi yang telah dilakukan. Proses pembayaran dimulai melalui fitur utama ini
  3. Fitur Lacak Kiriman : Digunakan untuk melakukan pelacakan pada pengiriman dengan memasukkan nomor resi pada kolom tersedia
  4. Fitur Cek Tarif : Digunakan untuk melakukan pengecekan harga pengiriman dari suatu kota ke daerah lain
  • Bagi Sohib yang memilih layanan Antar Paket, berikut alurnya :
    1. Sohib melakukan reservasi paket melalui aplikasi KirimAja dengan membubuhkan informasi yang akurat.
    2. Sohib dapat memilih lokasi pengantaran barang, yaitu Drop Point atau SubConsole sebagaimana yang tertera pada aplikasi KirimAja.
    3. Apabila Sohib memilih Drop Point, maka Sohib dapat langsung mengantarkan paket ke Drop Point yang dipilih dan selanjutnya petugas KirimAja di Drop Point akan bertanggung jawab terhadap barang dari Sohib.
    4. Apabila Sohib memilih SubConsole, maka Sohib dapat langsung berkomunikasi melalui telpon atau Whatsapp dengan SubConsole, dan selanjutnya mengantarkan langsung paket tersebut kepada SubConsole.
    5. SubConsole melakukan verifikasi terhadap paket, dan jika sudah sesuai, Sohib dapat meninggalkan lokasi SubConsole.
    6. SubConsole bertanggung jawab atas barang dari Sohib.
    7. SubConsole melakukan pengantaran paket ke Drop Point KirimAja sesuai dengan preferensinya.
    8. Paket yang sudah diterima di Drop Point akan menjadi tanggung jawab KirimAja untuk melakukan pengantaran paket ke destinasi tujuan.
    9. Paket akan dilakukan pengecekan kembali oleh tim warehouse KirimAja, dan akan disortir untuk diterbangkan menggunakan pengiriman moda udara, darat atau laut.
    10. Setelah paket sampai di HUB destinasi, paket tersebut akan disortir oleh KirimAja atau Mitra KirimAja di daerah.
    11. Paket dikirimkan ke alamat tujuan sesuai pada reservasi yang telah dibuat Sohib.
Sohib dapat langsung menghubungi KirimAja Care pada nomor telpon WhatsappOfficial KirimAja, yaitu 0811-9766-554. Selanjutnya, Sohib akan diberikan link form untuk diisi, dan setelah di-submit, KirimAja Care akan memproses setiap permintaan refund atau klaim yang masuk.
Sohib melakukan pembayaran biaya pengiriman pada aplikasi dengan beberapa mekanisme pembayaran, seperti Bank Transfer, Kartu Kredit, DOKU Wallet, OVO, LinkAja.
Untuk menjaga pelayanan produk KirimAja tetap baik dan optimal, berikut kami informasikan kontak layanan yang dapat dihubungi oleh Pengguna KirimAja.

WA Hotline : +62-811-9766-554
Email : [email protected]
Instagram : @kirimaja_id
Facebook : @kirimajaindonesia
Twitter : @kirimaja_id
Icon