Terms of Service KirimAja Apps
Definisi
“Aplikasi” adalah suatu perangkat lunak atau program komputer yang beroperasi pada sistem tertentu yang diciptakan dan dikembangkan untuk melakukan perintah tertentu sesuai yang diharapkan.
“KirimAja” merupakan layanan pengiriman delivery door to door service yang dilakukan pengelolaannya oleh PT Aerojasa Cargo (kemudian disingkat “AJC”).
“Aplikasi KirimAja” merupakan aplikasi yang digunakan oleh Sohib KirimAja untuk melakukan proses pengiriman dengan KirimAja. Aplikasi tersedia dalam versi Android dan IOS
“Akun” adalah akses sistem yang dapat dimasuki oleh pengguna (Terdaftar) yang menampilkan Informasi, minimal terdiri dari Email dan Password.
“Pengguna” adalah Pihak yang mengunduh dan menggunakan Aplikasi KirimAja.
“Pengirim” adalah Pengguna (Terdaftar) yang melakukan proses pengiriman delivery door to door service melalui Aplikasi KirimAja.
“Customer” dapat dikategorikan sebagai Pengirim dan/atau Pihak yang bertindak mewakilkan Pengirim yang telah disepakati Pengirim untuk menyerahkan Paket kepada “Sohib”.
“Sohib” adalah Pihak yang menerima Paket dari “Customer” atau dapat dikategorikan sebagai Pengirim dan/atau Pihak yang bertindak mewakilkan Pengirim yang telah disepakati Pengirim untuk menyerahkan Paket kepada “Sub-Console” atau “Drop Point”.
“Penerima Akhir/Consignee” Pihak Penerima Akhir Paket yang dikirimkan oleh Pengirim.
“Kurir” adalah Pihak KirimAja yang bertugas melakukan penjemputan Paket pada lokasi Drop Point dan mengantarkannya ke Penerima Akhir.
“Paket” adalah sejumlah barang yang dikirimkan oleh Pengirim melalui KirimAja.
“Sub-Console” adalah pihak yang ditunjuk oleh Sohib untuk menerima atau mengumpulkan paket untuk selanjutnya bertugas untuk melakukan pengantaran paket ke Drop Point terdekat.
“Drop Point” adalah fasilitas yang disediakan oleh KirimAja untuk dilakukan penimbangan, pengukuran, penyortiran, dan pemrosesan Paket terdekat dengan lokasi Pemberi Paket. Lokasi Drop Point ditentukan oleh KirimAja.
“Destination Hub” adalah Fasilitas KirimAja untuk melakukan penyortiran dan pemrosesan Paket terdekat dengan lokasi Penerima Akhir.
“Delivery with Kurir” adalah proses pengantaran Paket oleh Kurir dari Pengirim diakses ke Hub lalu menuju Penerima Akhir.
“Delivered” adalah Paket telah diterima oleh Penerima Akhir dan/atau pada alamat yang dituju.
“Consigment-Note/Co-Note/Resi” adalah dokumen pengiriman paket dan/atau dokumen proses pembayaran yang dapat digunakan sebagai bukti pemesanan jasa KirimAJa.
Registrasi & Akun
Pemilik Aplikasi dapat mendaftarkan diri sebagai Customer dengan melakukan registrasi dalam Aplikasi KirimAja, dengan mengisi nama lengkap, nomor seluler, alamat email, password. Selanjutnya akan dikirimkan email untuk verifikasi akun KirimAja, setelah proses berhasil, maka Pemilik Aplikasi sudah terdaftar sebagai Pengguna Aplikasi KirimAja. Satu nomor seluler hanya dapat digunakan untuk 1 Akun.
Pemilik Aplikasi dapat mendaftarkan diri sebagai Sohib maupun Sub-Console dengan melakukan registrasi dalam Aplikasi KirimAja, dengan mengisi nama lengkap, alamat email, password, nomor seluler, alamat, NPWP. Selanjutnya akan dikirimkan email untuk verifikasi akun KirimAja, setelah proses berhasil, maka Pemilik Aplikasi sudah terdaftar sebagai Pengguna Aplikasi KirimAja. Satu nomor seluler hanya dapat digunakan untuk 1 Akun.
Pemilik Aplikasi dapat mendaftarkan dirinya sebagai Customer, Sohib, ataupun Sub-Console.
Pengguna dapat melakukan perubahan Informasi Akun melalui Menu dalam Aplikasi KirimAja.
Pengguna Wajib merahasiakan Akun miliknya. KirimAja tidak bertanggung jawab atas kerugian dan/atau kerusakan yang timbul dari penyalahgunaan Akun.
KirimAja memiliki wewenang untuk melaporkan dan menindak segala dugaan pelanggaran atau pelanggaran segala Syarat dan Ketentuan oleh Pengguna.
Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk memanipulasi Aplikasi.
KirimAja mempunyai kewenangan untuk mengambil langkah dan/atau tindakan hukum apabila Pengguna bertujuan untuk memanipulasi Aplikasi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
Syarat dan Ketentuan Pengiriman
Barang – barang yang dikirim harus dikemas secara sempurna untuk melindungi isi barang dari kerusakan akibat penanganan selama pengangkutan. Kerugian yang timbul akibat dari pengepakan yang tidak sempurna sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.
Nilai komisi yang diterima baik oleh Sohib maupun Sub-Console merupakan nilai komisi sebelum dipotong pajak.
Pengirim dengan ini memberikan hak kepada KirimAja untuk memeriksa isi barang kiriman dan tidak keberatan apabila dikarenakan satu dan lain hal barang kiriman tersebut dibuka oleh pihak yang berwajib.
KirimAja tidak dapat menjamin barang kiriman dan risiko berupa:
Uang tunai atau ekuivalennya (misalnya kartu kredit yang belum ditandatangani, kartu ATM beserta nomor PIN, cheque cash, dll),
Logam mulia, intan, berlian dan batu mulia lainnya, perhiasan, arloji yang bernilai mahal walaupun barang-barang tersebut diasuransikan,
Surat yang sifatnya pribadi dengan berat di bawah 500 gr, warkat pos, dan kartu pos,
Benda-benda yang bernilai seni dengan nilai penuh
Narkoba, material pornografi dan barang-barang lain yang dilarang oleh pemerintah,
Barang/komoditi yang dilindungi oleh negara,
Berasal dari sumber yang tidak halal.
Kerugian yang dilakukan dengan sengaja oleh Pengirim dan Penerima Paket,
Kerugian karena kerusakan sifat alamiah barang itu sendiri
Kerugian akibat resiko nuklir dan sejenisnya
Kerugian akibat penipuan.
Kehilangan fungsi terhadap peralatan elektronik, kecuali disebabkan karena kecelakaan.
KirimAja bertanggung jawab atas penyampaian barang kiriman ke alamat yang dituju dan apabila karena satu dan lain hal barang tersebut ditahan oleh pihak yang berwajib, penyampaian barang baru dapat dilakukan setelah permasalahan dengan pihak yang berwajib dinyatakan selesai.
KirimAja tidak akan memberikan ganti rugi dalam bentuk apapun kepada Pengirim atau Penerima Akhir apabila terjadi sesuatu di luar kemampuan/di luar kontrol Pihak KirimAja atau force majeure seperti:
Pembajakan atau tindak kriminal lainnya yang ditujukan pada alat pengangkut.
Huru-hara kerusuhan dan terorisme.
Banjir bandang, peledakan bom dan force majeure lainnya.
Bilamana tidak terdapat keluhan dari Penerima Akhir pada saat Paket diserahkan, maka Paket dianggap telah diterima dengan lengkap dan baik.
Pengaduan/klaim atas kerusakan dan/atau kehilangan diajukan oleh Pengirim (bukan Penerima dan/atau Penerima Akhir) selambat-lambatnya dalam kurun waktu 1x24 jam terhitung sejak diterimanya barang tersebut dengan dilampiri bukti Consignment-Note dan berita acara yang ditandatangani oleh Penerima Akhir dan perwakilan KirimAja di tujuan.
Ganti Kerugian atas terjadinya kehilangan dan/atau kehilangan Paket Pengirim, akan mendapatkan penggantian sebesar maksimum 10 (sepuluh) kali biaya pengiriman paket yang rusak dan/atau hilang dengan maksimum penggantian Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah) jika klaim dilakukan tanpa Asuransi.
Hak dan Kewajiban
Hak Customer KirimAja:
Mendapatkan informasi update terkait produk KirimAja.
Mendapatkan layanan yang baik dari pihak KirimAja, baik itu dari staf KirimAja Care dan Sohib KirimAja.
Berhak mengetahui lokasi aktual posisi barang pada saat proses pengiriman ke pihak KirimAja.
Berhak mengetahui apakah barang sudah diterima oleh pihak penerima di tujuan.
Kewajiban Customer KirimAja:
Bertanggung jawab atas setiap transaksi yang terjadi pada akun Customer.
Memastikan informasi yang dicantumkan pada reservasi sudah tepat dan sesuai aturan produk KirimAja.
Memastikan bahwa packing barang sudah benar dan sesuai, terutama untuk barang pecah belah harus sudah di-packing secara khusus untuk menghindari terjadinya kerusakan saat pengiriman.
Melakukan pengantaran barang ke Sohib dan/atau Sub-Console yang telah dipilih melalui aplikasi.
Memastikan bahwa saldo pada e-money/e-wallet cukup jika ingin melakukan pembayaran via digital payment.
Apabila terdapat selisih berat/dimensi, dimana pengukuran di Sohib lebih berat daripada pada saat melakukan reservasi awal, maka Customer atau Sohib wajib untuk melakukan Edit Reservation pada aplikasi, dan menyesuaikan kembali jumlah pembayaran.
Apabila terdapat pelanggaran terhadap kewajiban diatas, maka Customer KirimAja akan dikenakan sanksi/denda yang akan disampaikan kemudian.
Hak Sohib KirimAja:
Mendapatkan komisi atas setiap transaksi yang dilakukan.
Mendapatkan informasi update terkait produk KirimAja.
Mendapatkan layanan yang baik dari pihak KirimAja, baik itu dari staf KirimAja Care dan pada saat di Drop Point.
Berhak mengetahui lokasi aktual posisi barang pada saat proses pengiriman ke pihak KirimAja.
Berhak mengetahui apakah barang sudah diterima oleh pihak penerima di tujuan.
Kewajiban Sohib KirimAja:
Bertanggung jawab atas setiap transaksi yang terjadi pada akun Sohib.
Melayani pelanggan (shipper) dengan baik, serta memastikan informasi yang dicantumkan pada reservasi sudah tepat dan sesuai aturan produk KirimAja.
Melakukan cek terhadap barang dari pelanggan (shipper) dan memastikan bahwa barang sudah sesuai dengan jenis barang yang dapat diangkut.
Memastikan bahwa packing barang sudah benar dan sesuai, terutama untuk barang pecah belah harus sudah di-packing secara khusus untuk menghindari terjadinya kerusakan saat pengiriman.
Wajib melakukan reservasi saat barang sudah diterima dari pelanggan (shipper) untuk menghasilkan Booking Ref.
Memberikan Booking Ref kepada pelanggan (shipper) setelah melakukan reservasi dan menerima pembayaran dari pelanggan (shipper).
Memastikan barang dalam kondisi aman selama dalam pengawasan Sohib, dan bertanggung jawab atas segala kerusakan dan kehilangan yang terjadi.
Wajib melakukan pengantaran paling lambat 12 jam setelah reservasi dilakukan via aplikasi. Apabila reservasi dilakukan setelah pukul 17.00, maka diizinkan untuk melakukan pengantaran maksimal hingga pukul 09.00 pagi keesokan harinya.
Melakukan pengantaran barang ke Drop Point atau Sub-Console yang telah dipilih melalui aplikasi sesuai dengan jam layanan di masing-masing Drop Point atau Sub-Console.
Memberikan Consignment Note (Co-Note/Resi) kepada pelanggan (shipper) setelah proses pembayaran ke pihak KirimAja dilakukan.
Memastikan bahwa saldo pada e-money/e-wallet cukup jika ingin melakukan pembayaran via digital payment.
Apabila terdapat selisih berat/dimensi, dimana pengukuran di Drop Point/Sub-Console lebih berat daripada pada saat melakukan reservasi awal, maka Sohib wajib untuk melakukan Edit Reservation pada aplikasi, dan menyesuaikan kembali jumlah pembayaran. Informasi lebih rinci dapat dilihat pada Buku Panduan Produk Sohib dan SubConsole.
Sohib sebagai perpanjangan tangan AJC dalam menjual produk KirimAja juga berkewajiban untuk mengetahui posisi paket yang sedang dalam proses pengiriman, apabila ditanya oleh pelanggan (shipper).
Apabila terdapat pelanggaran terhadap kewajiban diatas, maka Sohib KirimAja akan dikenakan sanksi/denda yang akan disampaikan kemudian.
Hak Sebagai Sub-Console:
1. Mendapatkan komisi atas setiap konsol dan pengantaran ke Drop Point atau Mobile/Main Console KirimAja atau Mitra KirimAja di Cabang dari setiap transaksi yang dilakukan oleh Sohib KirimAja.
2. Mendapatkan informasi update terkait produk KirimAja.
3. Mendapatkan layanan yang baik dari pihak KirimAja, baik itu dari staf KirimAja Care dan pada saat di Drop Point.
Berhak mendapatkan Co-Note/Resi dari transaksi yang dilakukan oleh Sohib KirimAja.
Kewajiban Sub-Console:
Menerima dan melakukan konsol paket yang ditujukan kepada Sub-Console oleh Sohib KirimAja.
Memastikan bahwa di lokasi Sub-Console memiliki timbangan berat dan alat ukur dimensi seperti penggaris/meteran/mistar.
Memastikan paket sampai dalam kondisi bagus dan tidak rusak. Jika packaging barang dalam kondisi rusak, Sub-Console wajib menginformasikan bahwa kerusakan tersebut bukan akibat perlakuan di Sub-Console.
Saat paket sudah diserahterimakan ke Sub-Console, selanjutnya menjadi tanggung jawab Sub-Console atas kerusakan dan kehilangan yang terjadi.
Wajib melakukan pengantaran paling lambat 12 jam setelah menerima barang dari Sohib KirimAja. Apabila reservasi dilakukan setelah pukul 17.00, maka diizinkan untuk melakukan pengantaran maksimal hingga jam 9 pagi keesokan harinya. Staf KirimAja Care akan melakukan reminder kepada Sub-Console.
Melakukan pengantaran barang ke Drop Point atau Mobile/Main Console KirimAja atau Mitra KirimAja di Cabang terdekat sesuai dengan jam layanan di tempat tujuan pengantaran. Sub-Console wajib menginformasikan kepada KirimAja Care untuk lokasi Drop Point yang akan dituju.
Melakukan drop barang di Drop Point yang sudah ditunjuk dengan membawa Co-Note yang diberikan oleh Sohib KirimAja.
Sub-Console sebagai perpanjangan tangan AJC untuk produk KirimAja wajib memberikan layanan yang baik dalam hal pengantaran dan waktu tunggu pengantaran (lead time delivery).
Apabila terdapat pelanggaran terhadap kewajiban diatas, maka Sub-Console KirimAja akan dikenakan sanksi/denda yang akan disampaikan kemudian.